Monday, December 27, 2010

story "Persiapan UN" part1

“ kapan nih kita ngumpul bareng lagi ama anak-anak?” sahut Vano ditelpon
“yah Van kita kan uda kelas tiga masa lo ga puas juga maen-maennya?, lagian gua peratiin yang laen uda pada sibuk ngurus persiapan UN. Emang lo uda siap?” jawab Rian santai.
“kalo urusan siap mah uda harus siap kan, tapi ga seru juga kan kalo belajar mulu.”
“eh Van sorry nih nyokap gua manggil, besok lanjutin lagi yah, daaahh” tutup Rian.
Vano dan Rian duduk di bangku kelas 3 SMA, mereka pun satu kelas, namun akhir-akhir ini mereka jarang sekali membicarakan hal diluar pelajaran. Apalagi Vano yang cukup terganggu dengan situasi kelas yang selalu sunyi saat jam pelajaran berlangsung. ‘heran kenapa semua jadi sok pinter gitu, semua meratiin dengan tampang serius pas guru nerangin biasanya ada aja yang ribut atau nggosip bisik-bisik’ pikirnya. Setiap sudut sekolah hanya membicarakan UN, Vano pun bingung harus melarikan diri kemana untuk menghindari pembicaraan itu. Bahkan saat bertemu Lisa sang pacar yang sudah menemaninya 1 tahun belakangan ini.
“tampang kamu serius banget sih Lis?” sahut Vano saat duduk di hadapan Lisa di kursi kantin.
“iya nih, aku lagi bingung nih, kok aku punya pacar yang kebetulan uda kelas 3, masih aja santai…”
“eh..eh kamu mo ngomong apa sih Lis? Ujian? Ya aku tau ujian sebentar lagi, tapi kita ga perlu bahas itu kan?” potong Vano. Lisa pun bingung harus berbuat apa melihat Vano yang begitu tidak pedulinya dengan ujian, sudah berkali-kali Lisa mencoba menasihatinya namun Vano tetap terlihat cuek.
“LISAAAAAA” teriak seorang cewek dari pintu kantin sambil menghampiri meja Lisa. ‘yah elah si bawel dateng’ ucap Lisa dalam hati.
“eh kak Vano makin ganteng aja sih.. hiihi eia gimana kak uda siap belum ujiannya? Wah pasti kakak kerjanya begadang mulu yah? Belajaaar terus.. eh gapapa kak, kaya gitu terus toh yang penting kakak udah usaha, kalo urusan lulus ato engga mah urusan yang diatas. Kaya itu kak, bang Ali haduh tiap hari tidur cuma dua jam, sampai rela ninggalin bapak di bengkel Cuma buat belajar, katanya takut nyesel dia. Padahalkan kita semua tau bang Ali paling anti ninggalin bapak dibengkel walupun masih ada mas Norman sama kang Deri. Ckcck.. kalo kakak gimana?” kata Nana teman sebangku Lisa yang kadang menjengkelkan kalau sudah mulai bicara.
“hahahaa.. dasar Nana, bawel banget sih lo. Iya siap gw baru 50%. Ya makanya lo doain gw juga jangan abang lo aja, hehhhee..” jawab Vano.
“oke deh.. eia bang Ali ngadain belajar bareng loh dirumah sama temen-temennya, nanti kalo kakak mo ikutan dateng aja ke rumah. Eh Lis ntar dikelas gw minta isi pensil yah? Isi pensil mekanik gw abis nih. Daaah gw Cuma mo bilang itu doang kok hiihiii..” sahut Lisa yang langsung meniggalkan Vano dan Lisa.
xxx
“ lo kenapa Cha? Ngelamun aja? Pasti mikirin adik lo di Jakarta yah?” kata Vera.
“iya nih, gw cuma kasian aja dia ga ada yang ngajarin, berapa minggu lagi kan dia ujian, apa jumat gw balik ke Jakarta aja yah?” ucap Chaca bingung.
Chaca adalah anak kedua dari 3 bersaudara, ia memiiki adik laki-laki yang kini duduk di bangku kelas 3 SMA. Kakak perempuannya telah menikah serta memiliki anak dan tinggal dengan suaminya. Saat hari pertama try out Ujian Nasional di sekolah, adiknya menelpon Anin dan menceritakan bagaimana perasaannya dengan adanya ujian tersebut.

“Cha.. gimana dong? Lo beneran ga bisa pulang dulu ke Jakarta? Cha gw butuh bantuan lo banget nih..” rayu Dimas di telepon.
“yah Dim, bisa sih tapi waktunya mepet banget lo mau?” jawab Cahyania Aliandora alias Cacha panggilan akrabnya, yang sekaligus juga kakak dari Dimas Ariandoro yang juga duduk dibangku kelas XII SMA. Dimas adalah satu-satunya laki-laki dirumah karena ayah mereka telah meninggal dunia. Dimas tinggal berdua dengan ibunya yang sekarang bekerja sebagai penasehat hukum seorang pengusaha dan sekretaris di kantor Notaris ternama.
“Cha.. sekarang kuliah kamu gimana? Masih sibuk sama skripsi?” sahut ibu dari jauh yang juga mendengarkan pembicaraan Dimas dan Cacha. Karena Dimas me’loudspeaker’ telepon agar ia bisa sambil bantu ibu di dapur.
“eh.. ibu, haah Dimas kenapa ga bilang sih kalo teleponnya di loudspeaker? Iya bu aku masih ngurus sripsi tapi besok aku udah tinggal minta tanda tangan dosennya kok, bu. Ibu gimana kerjaanya masih sibuk ngurus kasusnya om Revan?” jawab Cacha.
“tuh kan dia malah curhat, lo mau gw ga lulus? Banyak materi yang menurut gw cuma lo yang bisa jelasin ke gw. Pokoknya lo mesti pulang Cha, gw ga mau tau, gimana pun caranya lo mesti bantuin gw!!” sahut Dimas sedikit kesal, sambil meniggalkan ruangan menuju kamarnya.
“e..h Dim.. yah ngambek lagi. Bu.. ibu masih disitu kan?”
“iya Cha..”
“bu teleponnya jangan di louds deh, aku mo ngomong ama ibu.”

No comments:

Post a Comment