Saturday, April 16, 2011

Biografi : Charles Chaplin :]


Sir Charles Spencer Chaplin, Jr. atau cukup dikenal dengan nama Charlie Chaplin adalah seorang aktor komedi sekaligus sutradara film sukses asal Inggris. Aktingnya di layar perak ditunjukannya sebagai artis pantomim dan badut terbaik.

Chaplin adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dan paling kreatif di era film bisu. Di dalam film-filmnya, Chaplin dikenal suka merangkap-rangkap, mulai dari peran utama, sutradara, penulis naskah, hingga pengisi ilustrasi musik.

Karir di dunia hiburan berlangsung selama 65 tahun, dirintisnya sebagai pemeran cilik di panggung dan pertunjukan komedi music hall di Inggris, dan terus berkarya hingga sebelum meninggal di usia 88 tahun. Kehidupannya penuh pasang surut, mulai dari masa kecil yang dibalut kemiskinan, hingga tiba di puncak ketenaran bintang Hollywood sekaligus simbol budaya. Kehidupan pribadinya yang gemerlap mengundang banyak sanjungan sekaligus kontroversi.

Dalam film-filmnya, Chaplin sering memerankan karakter 'The Tramp', seorang gelandangan berpotongan kumis petak yang memiliki etiket dan martabat seorang bangsawan. Kostum berupa jas kesempitan, celana panjang yang kebesaran, serta ke mana-mana membawa tongkat dan memakai topi tinggi.

No comments:

Post a Comment