Wednesday, November 9, 2011

Kalimat Deduksi Tak Langsung

SILOGISME KATEGORIAL
1.      Semua lulusan fakultas ekonomi memakai baju toga berwarna kuning
Carla adalah lulusan fakultas ekonomi
Sebab itu, Carla memakai baju toga berwarna kuning

Semua lulusan fakultas ekonomi memakai baju toga berwarna kuning
Semua lulusan jurusan akuntansi adalah lulusan fakultas ekonomi
Sebab itu, semua lulusan jurusan akuntansi memakai baju toga berwarna kuning

2.       Pohon Rambutan berdaun hijau
Pohon didepan rumah Andi tidak berdaun hijau
Maka, pohon didepan rumah Andi bukan pohon Rambutan

Pohon Rambutan tidak berdaun merah
Pohon didepan rumah Andi adalah pohon Rambutan
Maka, pohon didepan rumah Andi tidak berdaun merah 
SILOGISME HIPOTESIS
Jika ibu memasak, aku makan dirumah
Ibu memasak
Maka, aku makan dirumah

Jika ibu memasak, aku makan dirumah
Ibu tidak memasak
Maka aku tidak makan dirumah
SILOGISME ALTERNATIF
1.  Tetangga Budi mengurbankan Sapi atau Kambing
Tetangga Budi mengurbankan Kambing
Maka tetangga Budi tidak mengurbankan Sapi

2.  Malam nanti Sudjiwo Tedjo akan menyanyi atau berpidato
Malam nanti Sudjiwo Tedjo akan berpidato
Maka, Malam nanti Sudjiwo Tedjo tidak akan menyanyi
SILOGISME ENTIMEM
a.      (Lihat silogisme kategorial 1)
”Carla memakai baju toga berwarna kuning karena ia adalah lulusan fakultas ekonomi”

b.     (lihat silogisme kategorial 2)
”Pohon didepan rumah andi bukan pohon rambutan karena tidak berdaun hijau”

c.    (lihat silogisme hipotesis)
”Aku tidak makan dirumah karena ibu tidak memasak”

No comments:

Post a Comment