Saturday, March 30, 2013

Usaha Gorengan - Churros

Peluang Bisnis Makanan adalah salah satu peluang usaha yang tidak ada matinya selama masyarakat masih suka makan dan ngemil. Makanya tidak heran jika banyak kita jumpai tempat-tempat penjual makanan ringan yang ramai pembeli. Yang paling penting dari sebuah usaha adalah bagaimana pengusaha tersebut dapat berkreativitas tanpa henti.
Usaha jenis makanan merupakan pasar terbesar dalam dunia usaha, hal tersebut dikarenakan makanan adalah kebutuhan pokok manusia sehari-hari.
Dalam usaha ini, yang menjadi faktor penting adalah kepuasan pelanggan dalam hal ‘cita rasa’. penting bahwasanya untuk mengkaji resep dengan sebaik-baiknya sehingga produk yang dijual memiliki daya jual yang menarik.
Apabila konsumen sudah merasa puas dengan produk kita, secara tidak langsung konsumen tersebut akan menceritakan kepada orang-orang sekitar mengenai produk kita, hal tersebut yang membuat promosi berjalan dengan sendirinya (dari mulut ke mulut).
Saat ini, dunia kuliner di Indonesia sedang berkembang pesat, café dan restaurant dengan tema unik juga semakin berjamur. Yang dimaksud dengan tema unik disini adalah jenis makanan yang ditawarkan, nama makanan atau usaha yang ditawarkan, desain interior café dan restaurant, dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan demi menarik rasa penasaran konsumen.

 

Kali ini saya akan memperkenalkan makanan gorengan asal Spanyol, yaitu Churros.

Menu gorengan mungkin adalah menu yang paling disukai kebanyakan masyarakat kita, mulai dari penganan ringan hingga menu utama. Ada banyak menu gorengan yang kita dapat temui dari ragam menu khas Indonesia dan telah memiliki penggemarnya masing - masing. Tidak terkecuali di Spanyol yang memiliki Churros, salah satu snack gorengan yang populer sebagai penganan makan pagi.
 

Beberapa variasi Churros: dihidangkan dengan taburan gula pasir, gula pasir dicampur kayu manis bubuk (Churros con Canella) atau dicocol di coklat leleh. Makanan nikmat khas Spanyol ini banyak ditemui di penjaja kaki lima. Dijamin kesegarannya, karena dimasak langsung pada saat dipesan. Churros umumnya berbentuk prisma, kadang dibuat lurus, bergelombang atau bahkan dengan efek twist spiral. Churros bisa disamakan seperti donat, dengan adonan tepung yang diracik khusus, dan setelah dibentuk digoreng dalam minyak pada suhu khusus, hingga berwarna kecoklatan. dijalanan dijual per porsi, per ons dan dibungkus kertas koran. Selain di Spanyol Churros juga populer di negara-negara ex koloni Spanyol di Amerika Latin. Seperti kebanyakan resep di LoFoodie, cara membuat Churros ini mudah dan cepat.



Cara membuat Churros : 
Bahan
150 ml air

50 gram margarine

1/2 sdt garam

1 sdm gula pasir

150 gram terigu, ayak

2 butir telur

minyak goreng secukupnya 

Taburan gula
Campur:

100 gram gula pasir

1 sdt bubuk kayu manis 

Saus coklat
Tim:
150 gram coklat (sesuai selera, milk atau pure)

1 sdm susu

Cara membuat
  1. Panaskan air, margarine, garam, gula hingga margarine mendidih.
  2. Tuang terigu dalam 3 bagian, aduk rata, kecilkan api. Aduk selama 2 menit.
  3. Angkat dari api, pecahkan telur satu demi satu diadonan, aduk rata.
  4. Masukkan adonan di piping bag dengan spuit bergerigi
  5. Panaskan minyak di wajan.
  6. Tekan adonan dari piping bag diatas wajan hingga keluar adonan 10 cm, potong. Ulangi hingga wajan penuh.
  7. Goreng Churros hingga kuning kecoklatan.
  8. Hidangkan hangat dengan taburan gula pasir, kayu manis dan cocol di saus coklat.


sumber:





Note : Artikel diatas Saya tulis, sebagai kebutuhan tugas softskill 'Akuntansi Internasional'

No comments:

Post a Comment